Sunday, February 1, 2009

Ngopi, Selera, Standar

Beberapa waktu yang lalu, dalam sebuah pertemuan dua hari, gue berkenalan dengan beberapa orang. Ngobrol ngalor ngidul, akhirnya sampailah pembicaraan pada kopi. Maklum, mereka penasaran kenapa pagi-pagi gue sudah menyendiri dan bikin minuman kopi sendiri dari kopi yang dibawa sendiri. Bahkan, sama sekali tidak menyentuh kopi yang disediakan hotel.

Bagi gue, minum kopi pagi merupakan ritual setengah sakral, hehehehe... Selain karena waktu itu gue suka “ngobrol” macem-macem dengan BOS, gue juga betul-betul menikmati rasa pahit yang ditimbulkan oleh si kopi. Dan rasa itu tidak dapat dinikmati sepenuhnya kalau suasananya pun sudah gaduh atau terburu-buru.

Aneh ya? Apa hubungannya rasa/lidah, dengan gaduh/telinga, dan terburu-buru/waktu? Jaka sembung naik ojek sekalee..., Tapi..., e ge pe ce! Yang penting, itu baru gue.....

Balik lagi ke si rasa kopi. Hmmm..., emang kalo dalam hal ini, gue cerewet. Kopinya musti kopi Robusta. Kalopun dicampur Arabica, Cuma sekedarnya, asal ada wangi kopi dikit. Tapi, kalo udah Arabicanya kebanyakan, wuiiih.., mau sebanyak apapun, rasa kopi terasa asam dan ga nendang (emang Ronaldo?)

Belon lagi asalnya. Dari sejak bisa minum kopi di usia Balita, lidah gue udah dikondisikan minum kopi Robusta produksi Kopi Aroma (yuang bueken ruar biasa dari Bandung tea. Kalo ga percaya, cari aja di google).

Yang bisa menandingi Kopi Aroma, Cuma Kopi Kupu-Kupu Bola Dunia - Gold Special, Bali, atawa kopi Aceh yang masaknya kudu digodok.

Itu baru jenis kopi. Belon airnya. Air untuk kopi gue kudu musti harus wajib baru saja mendidih, baru saja UMUB kalo istilah Jawa mah. Kalo di Sunda, kudu cai ngagolak. Kalo ga, itu kopi ga sah. Biarpun Robusta and Aroma tulen. Tetap TIDAK SAH!!!

Takeran? Hehehe..., ini yang sulit. Ganti mug, ganti ukuran. Jadi gue musti nyoba-nyoba lage deh. Tapi kalo udah begitu nyampe di rumah,gue ketemu teko kopi yang dipake minum bersama kami sekeluarga, udah deh, merem juga ga pa pa.

Kebersamaan.
Terus, gue egois dong? Ga ngopi ama manusia laen? Engga juga seeeh….
Tradisi di rumah adalah minum kopi pagi-pagi sambil ngobrol. Baru masing-masing cabut. Ngopi dan ngobrol adalah proses keakraban yang terbentuk dalam keluarga. Memulai hari bersama jadi kekuatan yang menyegarkan.

Demikian juga ama temen2. Kalo mau ngobrol, ya ngopi lah. Cari tempat yang non smoking and ga terlalu bising. Rasa kopi menjadi sekunder di sini....

Ih..., segini panjang ngomong cuma tentang minum kopi dan selera doang? Lantas, apa hubungannya dengan standar, Jeng?

He..he...he.., dalam dua hari pertemuan itu ada beberapa percakapan yang ga berujung cuma karena beberapa orang bersikeras mempertahankan standar tertentu (not dalam minum kopi, tentunya).

gue mikir lamaaaa banget mengenai hal itu (termasuk nanya juga ama BOS). Well..., gue berkesimpulan:
1.Sama seperti minum kopi, ada standar yang kudu musti harus wajib dipenuhi: kopi itu sendiri dan air panas. Masalah robusta, arabica, pake mocha, gula, susu, itu mah condiment yang bukan wajib hukumnya.
2.Standar juga perlu supaya kita tidak mencla-mencle, ga punya ciri khas, floating mass, dan akhirnya jadi bunglon ato kutu loncat.
3.Di lain pihak, kita juga perlu memilah-milah. Yang mana yg standar, yang mana yg condiment/gincu. Soalnya, ada banyak orang bertengkar di gincu, tapi boro-boro ngarti kalo ditanya yang standar. Duuuh..., gue ga sabar tuh kalo orang udah mah sok tau, taunya cuma tau di gincu.
4.Means should not become goals. Apa sih tujuannya? Sama spt banyak org buang waktu di gincu, ada banyak org juga yang buang energi di means, tapi ga mikir tujuan akhirnya. Mau kemana boooo….? Kalo dari Jakarta mau ke BSD, ya ga usah pake muter-muter ke Madura beli sate dulu…. Dan akhirnya sate lebih penting daripada mencapai BSD.

Sigh…, tulisan gue ngaco ya? Biarin ah. Lha kok kalian baca lagi?


Dah ah.

1 comment:

aldine's blog said...

Aloww mbak.mungkin mbak wilin nga kenal saya.tapi saya kenal banget sama mbak.dulu..saya di PGA pacto..baca dimillis, jadi pengen liat blok mbak hehehehe..bagus juga.saya juga lagi ngutak-ngatik blok nii mbak.pemula mbak, masih dalam taraf belajar.kalau sempat mampir ke blok saya ya mbak.http://aldinesblog.blogspot.com/siapa tau kita mungkin bisa sharing ilmu ngeblog.thanks mbak.